Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media sketsa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bahagia 05 Babelan - Bekasi pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang siswa. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 30 siswa kelas 6 SDN Bahagia 05 Babelan - Bekasi. Dari uji validitas hasil belajar IPA siswa dengan rumus Point biserial didapat 29 butir soal yang valid. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi-kuadrat . Pada pengujian normalitas data kelompok kontrol diperoleh nilai hitung= 3,38. Nilai hitung untuk data kelompok eksperimen = 16,51. Pada tabel dengan ἀ= 1% dan db = 3 nilai tabel = 11,435. Untuk data kelompok kontrol karena hitung < ἀ= 1%(3) maka data berdistribusi normal. Adapun untuk kelompok eksperimen, karena hitung > ἀ = 1%(3) maka data berdistribusi tidak normal. Karena salah satu kelompok data berdistribusi tidak normal, maka pengujian hipotesis selanjutnya menggunakan Uji Statistik non Parametrik dengan Uji Mann Whitney. Uji Mann Whitney dengan demikian diperoleh nilai z = - 4,27, Adapun nilai z table pada ἀ= 5% untuk ± 1,96, maka H0 ditolak, H1 diterima. Terdapat pengaruh penggunaan media sketsa terhadap hasil belajar IPA
|