Pratiwi Bayinah Nurhasanah. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 10 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 10 Bekasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Biologi. Populasi penelitian ini berjumlah 200 orang siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni. Sampel adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 31 orang siswa dengan menggunakan teknik Random sampling. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal berpikir kritis yang berjumlah enam soal dan angket faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa serta faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dan menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui melihat hubungan dan seberapa besar kontribusi antara faktor-faktor yang membekali kemampuan berpikir kritis dengan nilai berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 10 Bekasi masih kurang, dengan persentase sebesar 60,08%. Pembekalan dari guru, interaksi guru dengan siswa, motivasi siswa, kondisi fisik/psikis, dan kondisi lingkungan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini memberikan hasil bahwa ke lima faktor tersebut mempengaruhi nilai berpikir kritis sebesar 38,9%. Artinya, hubungan antara ke lima faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dengan nilai berpikir kritis pada siswa kelas XI IPA SMAN 10 Bekasi tergolong cukup.
|