Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Think Pair Share dengan Connecting Organizing Reflecting Extending
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Variabel bebas: model Think Pair Share dengan Connectiong Organizing Reflecting Extending. Variabel terikat: hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambutan 02 Pagi Jakarta Timur kelas IV pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen 1 dan 28 siswa kelas eksperimen 2. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 25 soal yang valid dan 15 soal tidak valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat = 0,92 > 0,414 = , maka instrumen reliabel.
Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors. Untuk kelas eksperimen 1 didapat = 0,1343 < 0,161 = , sedangkan kelas eksperimen 2 didapat = 0,1196 < 0,161 = , maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh = 1,409 < 1,904823 = , dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Rata-rata nilai kelas eksperimen 1 didapat sebesar 88,5 dan rata-rata nilai untuk kelas eksperimen 2 sebesar 83,5.
Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat = 2,7421 > 2,004879 = , dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 tolak , maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model Think Pair Share dengan Connectiong Organizing Reflecting Extending
|