Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Perbandingan Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Open Ended dengan STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Sumber Jaya 04 Tambun Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdan metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan desain quasi eksperimen.Penelitian dilakukan di SDN Sumber Jaya 04 Tambun Selatan.Sampel yang diteliti berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen I dan 30 siswa kelas eksperimen II.Instrumen hasil belajar Matematika siswa menggunakan tes dengan bentuk uraian singkat sebanyak 15 butir soal. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu di uji cobakan kepada 30 siswa. Dari hasiluji coba diperoleh 13 butir tes yang valid dari 15 butir tes hasil belajar Matemtika. Untuk pengujian reliabilitas tes hasil belajar Matematika yang di ujikan, diperoleh 𝑟𝑟hitung =0,451> 0,355 = 𝑟𝑟tabel sehingga instrumen penelitian ini reliabel. Sebelum data penelitian dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu normalitas dengan uji liliefors, uji homogenitas dan uji t.
Dari hasil pengujian normalitas untuk kelas eksperimen I diperoleh, 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 = 0,022< 0,161 = 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 dan untuk kelas eksperimen II diperoleh 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 = 0,019< 0,161 maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh 𝐹𝐹ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 = 1,302 < 1,85 = 𝐹𝐹𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapat thitung > ttabel = 2,646>2,002 dengan taraf signifikan α=0,05. Hal ini berarti Ho ditolak H1 diterima, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat Perbandingan Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Open Ended dengan STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Sumber Jaya 04 Tambun Selatan
|