Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 4 Wanaherang dengan metode Frinz’ Brain. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran, kegiatan observasi dan refleksi. subjek penelitian ini adalah laki-laki 16 orang dan perempuan 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Frintz' Brain mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rekapitulasi hasil pembelajaran siklus I KKM yaitu 67,00 dengan rata-rata 17,78%, siklus II KKM yaitu 67,00 dengan rata-rata 57,78% dan siklus III KKM yaitu 67,00 dengan rata-rata 95,56% Maka hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode Frintz' Brain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan metode Frintz' Brain dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 WANAHERANG