Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik (Scientific Approach) pada Kurikulum 2013 terhadap kemampuan komunikasi siswa tentang konsep lingkungan pada siswa kelas V SDN Ciracas 16 Petang Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Variabel bebas: pendekatan saintifik. Variabel terikat: kemampuan komunikasi.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciracas 16 Petang Jakarta Timur kelas V padasemester genap tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ciracas 16 Petang Jakarta Timur yang berjumlah 50 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh sebanyak 50siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimendan 25 siswa kelas kontrol.Uji instrumen dengan judgment expert. Ujinormalitas menggunakan rumusLilliefors. Untuk kelas eksperimendidapatܮ௛௜௧௨௡௚= 0,097< 0,173 = ܮ(଴,଴ହ,ଶହ), sedangkan kelas kontrol didapat= 0,0551< 0,173 = , maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampelberdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, dipero= 1,218< 1,98 = dapat disimpulkan sampel kedua datatersebut berasal dari populasi yang homogen. Rata-rata skor kelas eksperimendidapat sebesar 81,08 dan rata-rata skor untuk kelas kontrol sebesar 71,24. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapatݐ௛௜௧௨௡௚= 3,417>2,0126 = ݐ(଴,଴ହ,ସ଼),dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak ܪ଴,Hi diterima maka hasil penelitianini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik (Scientific Approach) pada Kurikulum 2013 terhadap kemampuan komunikasi siswa tentang konsep lingkungan pada siswa kelas V SDN Ciracas 16 Petang Jakarta Timur.