YULI PERMATA SARI - 1101055115. Analisis Wacana Pada Buku Teks
Bahasa Indonesia Kelas VIII Terbitan Erlangga Berdasarkan Kurikulum 2013 (Kajian Kompetensi Inti). Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wacana pada buku teks bahasa Indonesia kelas VIII terbitan Erlangga berdasarkan kurikulum 2013 (Kajian Kompetensi Inti). Dengan hasil penelitian yang diperoleh, nantinya peneliti dapat menarik kesimpulan apakah buku ini sudah sesuai atau belum dengan kurikulum 2013 (kompetensi inti 1 dan kompetensi inti 2).
Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 wacana (bahan
bacaan) yang secara keseluruhannya diteliti. Fokus penelitian ini adalah pada kompetensi inti 1 dan kompetensi inti 2. Peneliti menganalisis secara keseluruhan populasi dan sampel dalam penelitian ini agar peneliti dapat mengetahui secara 100% hasil dari penelitian tersebut, hingga peneliti dapat menarik kesimpulan yang akurat berdasarkan dari hasil yang telah diketahui.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif
dengan teknik analisis isi wacana. Deskriptif kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati.
Hasil penelitian ini adalah jumlah kutipan wacana yang sesuai dengan
kompetensi inti 1 dan kompetensi inti 2 jauh lebih banyak dari pada jumlah kutipan wacana yang tidak sesuai dengan kompetensi inti 1 dan kompetensi inti 2. Hal ini dapat dilihat dari hasil jumlah kutipan wacana yang sesuai dengan kompetensi inti 1 sebanyak 53 kutipan wacana, dan terdapat 187 kutipan wacana yang sesuai dengan kompetensi inti 2. Sedangkan terdapat 5 kutipan wacana yang tidak sesuai dengan kompetensi inti 1, dan terdapat 105 kutipan wacana yang tidak sesuai dengan kompetensi inti 2. Perbandingan jumlahnya adalah 240 untuk
yang sesuai dan 110 untuk yang tidak sesuai (kompetensi inti 1 dan kompetensi inti 2).
|