Abstrak  Kembali
Beritouli Eliani. Pengaruh Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Budhi Warman 1 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebingungan dan kebimbangan yang dihadapi oleh siswa SMA kelas XI akan rencana untuk jenjang pendidikan dan pekerjaan di masa depan, serta peran guru bimbingan dan konseling yang kurang dalam memberikan layanan informasi karir, dikarenakan guru bimbingan dan konseling hanya mengikuti kurikulum yang berlaku di setiap jenjang kelas, dan diduga kinerja guru bimbingan dan konseling belum optimal dan kerja sama dengan teman sejawat tidak tercipta secara kondusif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh hasil pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA Budhi Warman 1 Jakarta. Populasi berjumlah 138 siswa, untuk sampel diambil 36 siswa karena mengambil 25% dari populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan cara undian. Penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiasi kausal. Prasyarat pengujian analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors Galat Taksiran dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung analisis regresi linear, uji keberartian regresi dan kolerasi product moment. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI sebesar = a + bX namun kekuatan rendah yaitu sebesar Rxy < Rtabel yaitu 0,0111 < 0,329, begitu pula dengan kesignifikansian atau keberartian model regresi antara peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa kelas IX hanya sebesar hitung tabel F  F yaitu 0,004 < 4,13 yang berarti bahwa uji keberartian tidak signifikan. Hasil data yang diperoleh, pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI rendah karena guru bimbingan dan konseling kurang memiliki wawasan yang luasa mengenai informasi karir dan kurang memberikan motivasi kepada siswa. Kesimpulan yang didapatkan berarti Ha ditolak Ho diterima dan sesuai dengan hipotesis peneliti yaitu ada pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA Budhi Warman 1 Jakarta. Kata Kunci: peran guru bimbingan dan konseling, perencanaan karir