Beritouli Eliani. Pengaruh Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap
Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Budhi Warman 1 Jakarta. Skripsi.
Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. Hamka, 2015.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebingungan dan kebimbangan yang
dihadapi oleh siswa SMA kelas XI akan rencana untuk jenjang pendidikan dan
pekerjaan di masa depan, serta peran guru bimbingan dan konseling yang kurang
dalam memberikan layanan informasi karir, dikarenakan guru bimbingan dan
konseling hanya mengikuti kurikulum yang berlaku di setiap jenjang kelas, dan
diduga kinerja guru bimbingan dan konseling belum optimal dan kerja sama
dengan teman sejawat tidak tercipta secara kondusif.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh hasil pengaruh
peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI
SMA Budhi Warman 1 Jakarta. Populasi berjumlah 138 siswa, untuk sampel
diambil 36 siswa karena mengambil 25% dari populasi. Teknik sampling yang
digunakan adalah simple random sampling dengan cara undian. Penelitian
menggunakan metode kuantitatif asosiasi kausal. Prasyarat pengujian analisis data
dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas
menggunakan uji Lilliefors Galat Taksiran dan uji homogenitas menggunakan uji
Bartlett. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung analisis regresi linear,
uji keberartian regresi dan kolerasi product moment.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa
kelas XI sebesar = a + bX namun kekuatan rendah yaitu
sebesar Rxy < Rtabel yaitu 0,0111 < 0,329, begitu pula dengan kesignifikansian atau
keberartian model regresi antara peran guru bimbingan dan konseling terhadap
perencanaan karir siswa kelas IX hanya sebesar hitung tabel F F yaitu 0,004 < 4,13
yang berarti bahwa uji keberartian tidak signifikan.
Hasil data yang diperoleh, pengaruh peran guru bimbingan dan konseling
terhadap perencanaan karir siswa kelas XI rendah karena guru bimbingan dan
konseling kurang memiliki wawasan yang luasa mengenai informasi karir dan
kurang memberikan motivasi kepada siswa. Kesimpulan yang didapatkan berarti
Ha ditolak Ho diterima dan sesuai dengan hipotesis peneliti yaitu ada pengaruh
peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir siswa kelas XI
SMA Budhi Warman 1 Jakarta.
Kata Kunci: peran guru bimbingan dan konseling, perencanaan karir
|