Abstrak  Kembali
Lusi Kuraesiniawati. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Ekosistem terhadap Peningkatan Kemampuan Sikap Ilmiah Siswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi ekosistem terhadap peningkatan kemampuan sikap ilmiah siswa.Penelitian dilakukan di SMA Negeri 93 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalahquasi experimental dengan desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA yang berjumlah 4 kelas dan sampel diambil 2 kelas secara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain kelas kontrol sebesar 11,81 dan kelas eksperimen sebesar 48,5. Hasil uji-t diperoleh signifikan karena thitung > ttabel(16,33 > 2,39). Dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning memiliki kemampuan sikap ilmiah yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.