Abstrak  Kembali
Melati Apriyaningsih. 1101015045. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kemampuan Berpikir Positif di SMKN 26 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir positif. Berdasarkan informasi dari guru BK SMKN 26, adanya siswa yang berpikir negatif menghadapi masa depan, baik pendidikan, keluarga dan pekerjaan. Pelaksanaan penelitian melalui bimbingan kelompok di SMKN 26.. Penelitian ini berbentuk eksperimen. Populasi penelitian ini kelas XI jurusan Teknik Elektronika Komunikasi SMKN 26 Jakarta yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel yang diambil yaitu 10% dari populasi berjumlah 12 orang. Data terdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung hasil t-test diperoleh thitung 3,22 dan ttabel 2,176, artinya thitung > ttabel 2,176, ini berarti H0 ditolak Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan berpikir positif siswa di SMKN 26 Jakarta. Dikemukan saran agar guru BK menyelenggarakan kegiatan bimbingan kelompok dan konseling kelompok untuk membantu ssiwa yang bermasalah. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Berpikir Positif, siswa SMKN.