Abstrak  Kembali
Tiara Ariska. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tambun Utara Bekasi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap kemampuan menulis puisi siswa SMAN 1 Tambun Utara Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 27 Agustus 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimen desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posstest design. dengan metode tersebut peneliti hanya menggunakan satu kelas yaitu memberikan dua perlakuan pretest dan posstes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes kemampuan menulis puisi. Tes yang pertama menggunakan metode ceramah, dan tes yang kedua menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Tambun Utara dan Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random), yaitu siswa kelas X-8 SMAN 1 Tambun Utara yang berjumlah 30 siswa. Dari hasil perhitungan uji normalitas pada kelas pretes di dapat (Lo< Lh) (1,258 < 1,161) dan pada kelas posttes di dapat (0,0848 < 1,161) hal tersebut menyatakan bahwa Lo kelas pretes dan posttes lebih besar dari pada Lh dan dapat dinyatakan bahwa data berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan bahwa (Lh < Lt) (2,9 < 3,84) hal tersebut menunjukkan bahwa kelompok pretes dan posttes memiliki varians yang homogen. Selanjutnya dari hasil perhitungan uji signifikan/uji-t menunjukkan bahwa (thitung > ttabel) (3,68 > 2,04) hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif round table terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X-8 SMAN 1 Tambun Utara.