Abstrak  Kembali
Heru Irmawansyah. Pengaruh Penggunaan Strategi Inquiry Berbasis Outdoor Terhadap Kemampuan Melakukan Pengamatan Lapangan di MTs At Taqwa Belendung Tangerang. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi inquiry berbasis outdoor terhadap kemampuan melakukan pengamatan lapangan di MTs At Taqwa pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan di MTs At Taqwa Kelurahan Belendung Kota Tangerang pada Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment Design dengan pola Posttest Only Control Group Design yang diterapkan pada kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen 30 peserta didik dan kelas kontrol 30 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dari hasil nilai kemampuan melakukan pengamatan lapangan peserta didik yang di dapat dari kedua kelas yaitu kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 77,67 dan kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 74,50. Penilaian kemampuan melakukan pengamatan lapangan peserta didik dianalisis dengan uji t. Hasil uji hipotesis diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05 maka thitung > ttabel (2,048 > 2,00). Dan disimpulkan bahwa penggunaan strategi inquiry berbasis outdoor berpengaruh terhadap kemampuan melakukan pengamatan lapangan.