RISCA MAULINA HAQUE, NIM: 1101055141. Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue/ Critical Thinking terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 1 Babelan. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran deep dialogue/critical thinking terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Babelan .Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen. Tempat penelitian ini di SMAN 1 Babelan pada semester II tahun ajaran 2014-2015. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 30 siswa.
Data tersebut diperoleh dengan melakukan penelitian yaitu mengadakan tes keterampilan menulis argumentasi pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran deep dialogue critical thinking dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji normalitas posttest kelas eksperimen yaitu Lo = 0,111 < Lt = 0,161 pada α = 0,05 dan untuk kelas kontrol diperoleh hasil uji normalitas posttest yaitu Lo= 0,0936 < Lt 0,161 pada α = 0,05. Pada kedua sampel tersebut ternyata Lohitung < Lotabel maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung = 1,07 pada α 0,05 dengan dk pembilang 29 dan dk penyebut 29 yaitu 1,85 ternyata Fhitung ttabel yaitu thitung 2,91 > 2,04 ttabel maka tolak Ho dan Hi diterima.
Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran deep dialogue critical thinking terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Babelan .
|