Abstrak  Kembali
PUSPITA SARI SUGIHARTO. NIM 1101055082. Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA PGRI 117 Karang Tengah Tangerang. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya pengaruh metode Brainstorming terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 117 Karang Tengah Tangerang, Kelas X semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa, yang terdiri 30 siswa kelas eksperimen (X IPA 1) dan 30 siswa kelas kontrol (X IPA 2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre Test and Post Test Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan metode Brainstorming, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis argumentasi siswa. Rata-rata skor kemampuan menulis argumentasi siswa kelas eksperimen adalah 78,833, sedangkan rata-rata skor kemampuan menulis argumentasi siswa kelas kontrol adalah 68,5. Uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, untuk pre-test kelas kontrol didapat Lhitung = 0,1596 < 0,161 Ltabel, dan post-test kelas kontrol didapat Lhitung 0,1364 < 0,161 Ltabel. Sedangkan pre-test kelas eksperimen didapat Lhitung 0,1184 < 0,161 Ltabel, dan post-test kelas eksperimen didapat Lhitung 0,0956 < 0,161 Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung 1,295 < 1,858 Ftabel, maka dapat disimpulkan kedua sampel tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t didapat thitung = 4,374 > 2,002 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terima H1 artinya adalah terdapat pengaruh metode Brainstorming terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa.