Eldisha Syifa Agustarini. NIM. 1101145020. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Citeureup semester 2 tahun ajaran 2014-2015, pada bulan April – Juli 2015. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X MIA berjumlah 186 siswa dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Dari teknik pengambilan sampel tersebut diperoleh sampel penelitian sebanyak 74 siswa, yang terdiri dari 36 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan 38 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Expermen). Instrument yang digunakan berupa tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir analisis yang terdiri dari 11 soal uraian dalam materi ekosistem kelas X yang sudah disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir analisis. Analsisis data menggunakan uji t, sebelum uji t digunakan kedua data harus memenuhi menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kedua variansi. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal dan bervariansi homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir analisis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Hal ini dapat terlihat dari persentase nilai rata-rata peningkatan kemampuan berpikir analisis siswa pada setiap indikator kemampuan berpikir analisis di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji t didapat thitung = 14,26, pada daftar t nilai t untuk α = 1% dengan db = 72 di peroleh nilai t0,99 (72) = 2,38. Dengan demikian thit > ttab, maka terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa.
|