Puput Putri Nurseha. 1101055081. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMAN 1 JATISARI. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis deskripsi dengan media pembelajaran pada siswa kelas X SMAN 1 Jatisari.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 siswa yang sekaligus menjadi peserta pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum yang diajarkan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Jatisari, dari X2 35 siswa sebagai kelas kontrol dan X3 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Siswa yang menjadi kelas eksperimen dalam penelitian ini akan diberikan tes menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar/foto. Dan Siswa yang menjadi kelas kontrol dalam penelitian ini akan diberikan tes menulis deskripsi dengan menggunakan media chart/bagan. Dari tulisan siswa, maka setiap kalimat akan dinilai sesuai kriteria penulisan dalam Bahasa Indonesia.
Dari hasil pengujian dan perhitungan dengan menggunakan uji-t, nilai t hitung 3,40 dan t tabel 1.99 pada taraf signifikan 0,05, maka nilai t (3,40 > 1,99) ternyata H1 ditolak, yang berarti ada perbedaan antara hasil kemampuan menulis deskripsi dengan media pembelajaran antara siswa kelas X3 dan X3 SMAN 1 Jatisari. Hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi untuk meningkatkan pengajaran menulis bagi siswa.
Hasil pengujian hipotesis kemampuan menulis deskripsi yang menggunakan media chart/bagan pada siswa kelas X2 dan yang menggunakan media gambar pada siswa kelas X3 di SMAN 1 Jatisari menunjukkan penggunaan media gambar lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis deskripsi.
|