Abstrak  Kembali
Poppy Pebriyanti. Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta yang seluruh siswanya berjumlah 144 orang dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (simple random sampling) dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen berjumlah 72 yang berarti tiap-tiap kelas 36 siswa sebagai sampel. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes kemampuan menulis cerpen. Tes yang pertama pada kelas eksperimen diberikan pengajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Sedangkan test yang digunakan pada kelas kontrol diberikan pengajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode ceramah. Hasil perhitungan uji-t menunjukan bahwa thitung =1,774, sedangkan nilai t yang terdapat di ttabel 1,680 pada taraf signifikan . Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 1,774 1,680, yang berarti ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen.