Abstrak  Kembali
PUJI LESTARI. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 97 JAKARTA SELATAN. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap siswa yang sebagian dari mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi namun memiliki motivasi berprestasi yang rendah didalam proses pembelajaran, selain itu ada pula yang memiliki motivasi berprestasi tinggi namun memiliki kepercayaan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 97 Jakarta Selatan semester 2 tahun ajaran 2014 – 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah 216 orang yang merupakan siswa kelas XI IIS SMA Negeri 97 Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan mengambil sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada di dalam populasi tersebut. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang dengan mengambil perwakilan dari 6 kelas XI IIS sebanyak 7-8 orang. Data berdistribusi normal dan Linieritas, berdasarkan uji normalitas galat taksiran dan Uji linieritas. Berdasarakan hasil perhitungan uji normalitas galat taksiran didapat L0hitung < L0tabel (0,0871 < 0,133), dan hasil perhitungan uji linearitas dengan menggunakan regresi sederhana didapat Fhitung < Ftabel (-0,80 < 2,12). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi product moment dan didapat r hitung < r tabel (0,977< 0,301), yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa kelas XI IPS SMA NEGERI 97 Jakarta Selatan. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Motivasi Berprestasi