Abstrak  Kembali
Dani. Hubungan Manajemen Diri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Univiersitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang Berasal dari Bangka Belitung. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2015. Latar Belakang penelitian ini adalah adanya penemuan peneliti di lapangan terhadap salah satu mahasiswa yang mempunyai manajemen diri yang tidak baik tetapi dapat berprestasi dalam belajar, karena idealnya manajeman diri yang baik dapat meningkatkan prestasi dalam belajar dan sebaliknya manajemen diri yang buruk dapat menurukan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara manajemen diri dengan prestasi belajar mahasiswa yang berasal dari Bangka Belitung. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. Populasi penelitian ini berjumlah 70 orang mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dengan mengambil semua populasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional deskriptif kuantitatif. Setelah data berdistribusi normal dan homogenitas berdasarkan uji normalitas galat taksiran dan uji homogenitas Bartlett. Berdasarakan hasil perhitungan uji normalitas galat taksiran didapat X2 hitung < X2 tabel (0,081 < 0,149) , dan hasil perhitungan uji homogenitas Bartlett didapat Fhitung < Ftabel (13,3 < 23,7). Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menghitung korelasi product moment dan didapat Rhitung < Rtabel (0,017 < 0,334), yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara manajemen diri dengan prestasi belajar mahasiswa fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang berasal dari Bangka Belitung. Kata Kunci: Manajemen Diri, Prestasi Belajar.