M. Danan Pradana. 1101015046. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Tugu Ibu 1 Depok. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Tugu Ibu 1 Depok. Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS. Penentuan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut di peroleh 30 responden. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Yang terdiri dari 34 item yang valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,934. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas yang menunjukkan bahwa skor berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Tugu Ibu 1 Depok. Pengaruh tersebut di tunjukkan oleh hasil analisis korelasi menunjukkan koefisien korelasi uji t diperoleh Thitung sebesar 4,366 dan Ttabel dengan taraf signifikan α 0,05 sebesar 1,782. Maka dengan demikian Thitung > Ttabel 4,366 > 1,782 (Ho ditolak) atau dapat interpretasikan bahwa ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Motivasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA Tugu Ibu 1 Depok.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Siswa SMA Tugu Ibu 1 Depok
|