Abstrak  Kembali
ANITA YUNIATI. NIM: 0901015009. Perbedaan Konsep Diri Anak Dari Orang Tua Yang Bercerai Dengan Orang Tua Yang Tidak Bercerai Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 208 Ciracas, Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2014. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan konsep diri anak dari orang tua yang bercerai dengan orang tua yang tidak bercerai. Permasalahan dalam penelitian adalah anak yang mengalami orang tua bercerai dapat mempengaruhi konsep diri dalam proses pendidikan di sekolah karena pikiran akan dipenuhi dengan rasa cemas dan rasa takut yang akan mengganggu mental, sehingga anak menjadi kurang dapat berkonsentrasi dalam mengaktualisasikan kemampuan atau potensi yang dimiliki. Anak yang tidak mengalami orang tua bercerai konsep diri akan lebih mampu berkonsentrasi dengan baik dalam mengaktualisasikan kemampuan atau potensi yang dimiliki. Penelitian menggunakan metode Penelitian Kuantitatif, sampel penelitian terdiri dari 30 orang siswa kelas VIII SMPN 208 Jakarta yang diambil 10 - 15% dari jumlah populasi kelas VIII yang berjumlah 263 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 30 siswa. Instrument berupa skala pernyataan yang berjumlah 30 item pernyataan yang terdiri Validitas tes dihitung dengan Korelasi Product Moment dan diperoleh hasil 20 item variabel yang valid dan 10 item yang tidak valid. Koefisiensi reliabilitas tes dihitung dengan rumus alpha Cronbach’s sehingga diperoleh hasil reliabilitas Hasil penelitian data yang diperoleh thitung