Abstrak  Kembali
Irmadela Rizky Karimah. 1101015034. Pengaruh Ketidakharmonisan Keluarga Terhadap Self Esteem Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Parung. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian dilatarbelakangi dari siswa yang berasal dari keluarga tidak harmonisan dan memiliki masalah self esteem. Siswa yang hidup dalam kondisi keluarga tidak harmonis akan memiliki dampak yang tidak sehat secara psikologis, diantaranya masalah self esteem. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa di sekolah, siswa mengalami penyesuaian diri yang kurang baik, seperti malas belajar, tidak disiplin, menyendiri, low self esteem, dan tidak yakin dengan kemampuannya. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil pengaruh ketidakharmonisan keluarga terhadap self esteem siswa kelas XI. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parung pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi berjumlah 273 siswa dan sampel sebanyak 41 siswa. Teknik sampel yang digunakan purposive sample, dengan syarat penelitian siswa yang memiliki latarbelakang keluarga tidak harmonis. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Data berdistribusi normal dan linear berdasarkan uji normalitas, dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan hasil X2hitung < X2tabel = 24.614 < 25.000 sehingga penggelompokkan data protest (Y) dan data pretest (X) memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan t-test dan diperoleh hasil thitung sebesar 19.676 dan ttabel sebesar 2.020, dengan syarat (thitung > ttabel) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sesuai dengan hipotesis peneliti yang berbunyi “Ada pengaruh antara ketidakharmonisan keluarga terhadap self esteem siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Parung”. Kata kunci : ketidakharmonisan keluarga, self esteem.