Abstrak  Kembali
NURUL FITRI APRILYA. NIM: 1001055099. Penggunaan Majas pada Kumpulan Lirik Lagu Wajib Nasional Karya Ismail Marzuki serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Skripsi. Jakarta: FKIP. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penggunaan majas pada kumpulan lirik lagu wajib nasional karya Ismail Marzuki serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa kajian pustaka yang datanya berbentuk lirik lagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu analisis isi dengan menjabarkan data-data yang ditemukan dalam penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori lirik lagu, teori pendekatan struktur fisik dan batin, teori majas, serta teori pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan tabel analisis data dengan tinjauan struktur fisik dan struktur batin serta kaitannya dengan majas pada lirik lagu. Hasil analisis data pada lirik lagu berupa struktur fisik dan batin serta keterkaitannya dengan majas. Struktur fisik yaitu pengimajian, majas, dan versifikasi. Pengimajian terdiri dari imaji pendengaran, imaji penglihatan, dan imaji perasaan. Majas yang digunakan ialah majas perbandingan, pertentangan, pertautan, dan perulangan. Versifikasi yang digunakan terdapat irama. Sedangkan pada struktur batin yaitu tema, perasaan, dan nada. Struktur fisik dan batin dilihat dalam keterkaitannya dengan majas. Berdasarkan hasil analisis penggunaan majas pada kumpulan lirik lagu wajib nasional karya Ismail Marzuki dapat dilihat melalui struktur fisik dan struktur batin. Struktur fisik ditemukan berjumlah 21 yaitu pengimajian 11 terdiri dari imaji penglihatan 8 dan imaji pendengaran 3. Majas 10 terdiri dari majas perbandingan 8 dan majas penegasan 2. Sedangkan untuk struktur batin berjumlah 21, yaitu terdiri dari 7 tema lirik lagu, 7 perasaan dan 7 nada.