Ira Rahmawati. Pengaruh Pengunaan Media Photo Story Terhadap Kemampuan
Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cikarang Barat. Skripsi. Jakarta:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.
HAMKA. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adakah pengaruh
penggunaan media photo story terhadap kemampuan menulis puisi siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Cikarang Barat pada semester 2
tahun ajaran 2014/2015. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode
eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan true eksperiment, yaitu
penelitian yang menggunakan Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cikarang Barat yang
seluruhnya berjumlah 300 siswa dan kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII. A sebagai kelas eksperimen dan VII.B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes menulis puisi. Teknik analisis data dengan uji-t pada taraf signifikansi = 0,05. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji liliofers untuk normalitas dan homogenitas. Lhitung dari postest eksperimen adalah 0,1483 dan postest kelas kontrol sebesar 0,1080 dengan taraf signifikansi 0,05 dan Ltabel sebesar 0,161.
Maka didapatkan hasil bahwa Lhitung< L tabel dan menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Sedangakan dari hasil uji homogenitas didapat Fhitung postest kelas eksperimen dan kontrol adalah sebesar 1,21. Dengan taraf signifikansi yang sama yaitu 0,05 dan Ftabel 1,86 maka disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel dan nenunjukkan bahwa data tersebut memiliki varians homogen.
Sedangkan perolehan yang didapat dari uji hipotesis menggunakan uji-t
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media photo story terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Hasil ini berdasarkan pada uji-t, didapat thitung = 4,03 dan ttabel= 2,002 pada = 0,05. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar yang menggunakan media photo story lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar tanpa menggunakan media photo story.
|