Abstrak  Kembali
Hardiyanti Rahayu, Aspek Koherensi dalam Rubrik”Opini” Koran Tempo Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penulis opini koran Tempo memiliki pengetahuan tentang aspek koherensi yang meliputi penggunaan kata transisi, penggunaan kata ganti, penggunaan kata tunjuk, dan penggunaan pengulangan atau repetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis. Berdasarkan hasil penelitian terhadap penggunaan aspek koherensi yang terdapat dalam rubrik “Opini” koran Tempo dengan memperhatikan alat bahasa, dapat diketahui bahwa penulis dalam rubrik ”Opini” koran Tempo ini sudah menggunakan alat bahasa sebagai cara untuk membuat paragraf yang koheren. Mengenai penerapannya dalam penggunaan Bahasa Indonesia di SMA, penulis mencoba untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan pengetahuan tentang aspek koherensi kepada siswa dengan menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai dengan pokok bahasan, serta situasi dan kondisi yang mendukung.