Firda Ferdiani. Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Persuasif Siswa Kelas X SMK Miftahul Falah Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan menulis persuasif siswa kelas X SMK Miftahul Falah Jakarta Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Miftahul Falah Jakarta Selatan dengan sampel penelitian dua kelas yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode True Experiment Design dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design. Pada desain ini terdapat dua kelompok, kelompok pertama diberi perlakuan dengan menggunakan metode inkuiri yang disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan mengguanakan metode inkuiri disebut kelompok kontrol. Dalam penelitian pengaruh treatment dianalisis dengan uji beda, memakai statistik t-test (uji-t). sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji homogenitas dan uji normalitas.
Ditinjau dari segi perhitungan penelitian maka dapat terlihat pula keunggulan dari metode inkuiri dari hasil data penelitian yang telah dilakuakn dan telah teruji secara statistik didapat bahwa thitung lebih besar dari ttabel 8,98 > 2,00 yang menyebabkan HI diterima.
Melihat hasil analisis data penelitian di atas maka dapat terlihat jelas bahwa metode inkuiri tepat untuk digunakan guru pada proses pengajaran menulis persuasif . Oleh karena itu sekiranya guru dapat menggunakan metode inkuiri ini sebagai bahan referensi guru dalam proses pengajarannya, serta tidak hanya menggunakan metode konvensional saja seperti yang selama ini guru gunakan dalam proses pengajaran bahasa Indoneisa di kelas.
|