Abstrak  Kembali
Dewi Supriyanti. Korelasi Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Jakarta Barat. SKRIPSI, Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah prof.Dr. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya korelasi antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Jakarta Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jakarta Barat, kelas X yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 134 siswa terdiri dari empat kelas, dan terdiri dari beberapa jurusan: IPA, IPS, BAHASA, AGAMA. Pengambilan sampel ini ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan yang sama dan nilai mereka tinggi, kondisi ini ada jurusan Bahasa yang berjumlah 35 siswa, sampel pada penelitian ini berjumlah 32 siswa dari jurusan Bahasa. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan membaca kritis. Soal tersebut berjumlah 30 soal yang terdiri dari soal pilihan ganda dan 5 soal esai . kemudian dilakukan tes keterampilan menggunakan rumus korelasi Product Moment lalu dilanjutkan dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh hasilnya sebenarnya 0,63 yang terletak antara 0,40-0,70 berarti korelasi positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y yang termasuk ke dalam korelasi cukup berarti atau sedang. Hal itu terlihat pada tabel Indeks Korelasi Product Moment. Untuk melihat hubungan itu pada taraf signifikan 0,005 dengan dk = n-2 =32-2 = 30 maka peneliti menghitung dengan uji-t. Pada penghitungan dengan uji-t yang menghasilkan thitung sebesar 4,44 sedangkan ttabel sebesar 1,69 yang berarti thitung > ttabel , maka H1 DITERIMA. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X MAN1 Jakarta Barat.