Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Perbandingan Hasil Belajar PKn Dari Siswa Yang Belajar Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Togther dan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur di Kelas IV semester dua tahun ajaran 2014-2015. Sampel penelitian ini meliputi 80 siswa yang berasal dari kelas IVA dan kelas IVB di SDN Cakung Timur 05 Pagi. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif Eksperimen dengan Pendekatan “Quasi Eksperimen”. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus point biserial correlation didapat 20 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20
Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada ekspetimen A, pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,1051, dan eksperimen B didapat Lhitung = 0,1208. Ltabel pada eksperimen A dan eksperimen B adalah 0,141 karena pada kedua kelompok Lhitung < Ltabel maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogeitas diperoleh Fhitung = 1,14 dengan Ftabel = 1,71 dk , karena Fhitung < Ftabel, maka disimpulkan variansi kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh Thitung = 3,39 pada taraf signifikansi = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk 40+40-2 = 78) didapat Ttabel = 1,99 karena Thitung > Ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa ada Perbandingan antara Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Model Kepala Bernomor Struktur Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN Cakung Timur 05 Pagi.
|