Abstrak  Kembali
DANIATI. NIM 1101055020. Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas X Di SMA Negeri Kabupaten Tangerang. Skripsi. Jakarta: Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya pengaruh model pembelajaran kreatif-produktif terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Kabupaten Tangerang, kelas X semester ganjil tahun 2015-2016. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa, yang terdiri 30 siswa kelas eksperimen (X.6) dan 30 siswa kelas kontrol (X.7). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre Test and Post Test Control Group Desingn. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Kreatif-produktif, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis puisi siswa. Rata-rata skor kemampuan menulis puisi siswa kelas eksperimen adalah 75,83, sedangkan rata-rata skor kemampuan menulis puisi siswa kelas kontrol adalah 68,66. Uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, untuk pre-test kelas kontrol didapat Lhitung = 0,1569 < 0,161 Ltabel, dan post-test kelas kontrol didapat Lhitung 0,1547 < 0,161 Ltabel. Sedangkan pre-test kelas eksperimen didapat Lhitung 0, 1552 < 0, 161 Ltabel, dan post-test kelas eksperimen didapat Lhitung 0,1157 < 0, 161 Ltabel. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung 1,53 <1,858 Ftabel, maka dapat disimpulkan kedua sampel tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t didapat thitung = 3,69 > 2,002 ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terima H1 artinya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Kreatif-produktif terhadap kemampuan menulis puisi siswa.