CARLA NOVIANI. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share
Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Drama Siswa Kelas XI SMAN 98
Jakarta.”Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Model pembelajaran think pair and sharemerupakan model yang digunakandalam penelitian ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menganalisis teks drama, model pembelajaran think pair and share mengubah cara belajar siswa menjadi menyenangkan, kreatif dan inovatif sehingga siswa
menjadi antusias dalam belajar. Berpikir kreatif dan inovatif merupakan salah satu cara agar siswa mampu mengembangkan gagasannya, kemudian gagasannya dituangkan ke dalam sebuah analisis teks drama dengan memperhatikan unsur-unsur drama di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan menganalisis teks drama siswa kelas XI SMAN 98 Jakarta. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode eksperimen.Penelitian ini menggunakan rancangan pre-Eksperimental design, yaitu penelitian yang menggunakan the one group design pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal) yang dilakukan pada dua kelasdengan menggunakan kelompok pembanding. Hasil perbandingan diperoleh dengan cara menganalisis secara statistik antara hasil posttest kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5
sebagai kelas kontrol SMAN 98 Jakarta Timur dan kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 dengan peminatan IPA dan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada kelas XI98 Jakarta Timur menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan menganalisis teks drama. Hasil ini berdasarkan pada uji-t, di dapat thitung = 4,035 dan ttabel = 2,002 pada α = 0,05. Jika thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran think pair and share lebih tinggi
dibanding rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan media lingkungan sekolah.
|