Abstrak  Kembali
BEJO SAPTO UTOMO. NIM 1101055016, Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VII Mts Al Hidayah Citaringul Kabupaten Bogor. Skripsi, Jakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VII, penulis melaksanakan penelitian di Mts Al Hidayah Citaringul Kabupaten Bogor. Metode Card Sort merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi, metode Card Sort menjadikan kelas menjadi lebih bersemangat dan dapat menumbuhkan motivasi serta kreativitas dalam pembelajaran, melalui metode pembelajaran Card Sort siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan mengembangakan pemikiran sehingga dapat menuangkan ke dalam tulisan khususnya dalam menulis karangan narasi. Uji normalitas hasil tes menunjukan uji liliefors. Pada Posttest kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,0928 Ltabel = 0,161 pada α=0,05 dan Posttest kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1023 Ltabel = 0,161 pada α=0,05. pada kedua kelas tersebut yang diperoleh Lhitung< Ltabel, dapat disimpulkan kedua sampel tersebut berdisribusi normal. Uji homogenitas hasil tes pada Posttest kelas eksperimen menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung= 1,298, Ftabel 1,85. Ternyata Fhitung < Ftabel, dapat disimpulkan sampel memiliki data yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh thitung = 4,448 ttabel= 2,002. diperoleh thitung> ttabel, dapat disimpulkan Ho ditolak H1 diterima. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas VII MTs Al Hidayah Citaringgul Kabupaten Bogor menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode Card Sort terhadap kemampuan menulis narasi siswa.