Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Media Magazine Student Terhadap Hasil Belajar IPS SDN 03 Cipondoh Tangerang, pokok bahasan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Variable bebas: Media Magazine Student. Variable terikat: hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Cipondoh Tangerang kelas IV pada semester II tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Pengujian dilakukan dengan instrument soal Pilihan Ganda (PG) dengan empat pilihan jawaban. Uji instrument dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi point biserial dari jumlah 30 didapatkan 23 soal yang valid dan 7 soalyang tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 dan didapatkan 𝑟𝑟ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖=0,83>0,361=𝑟𝑟𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡, maka instrumen reliabel. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Hasil pretest didapatkan Lo = 0,121 < 0,161= L(0,05,30), posttest didapatkan Lo = 0,1059 < 0,161= L(0,05,30), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji fisher, diperoleh Fhitung = 1,54 < 1,85 = ttabel(0,05, 29, 29), dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Rata-rata nilai hasil belajar IPS pretest sebesar 68,83 dan rata-rata nilai hasil belajar IPS posttest sebesar 81,33. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t, didapatkan thitung = 3,88 > 2,045 = ttabel(0,05, 29, 29), dengan taraf signitikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ho, maka hasil penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan memakai Media Magazine Student Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 03 Cipondoh Tangerang.