Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran
Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Kaliabang Tengah VII Kota Bekasi pada semester 2 tahun
ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini meliputi 64 siswa kelas V SDN Kaliabang Tengah VII Kota Bekasi yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol (yang tidak diberi perlakuan) dan kelas eksperimen (yang diberi perlakuan). Instrumen berupa tes objektif pilihan ganda 40 soal dengan 4 pilihan jawaban. Validitas test dihitung dengan menggunakan Point Biserial yang diuji 40 soal dan didapat 20 soal valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 (Kuder Richardson) diperoleh rhitung =
0,8296 > 0,374 = rtabel , maka instrument dinyatakan reliabel. Uji persyaratan analisis dalam penelitian adalah uji normalitas menggunakan uji Liliefors, pada kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,117 > 0,1566 = Ltabel dan kelas kontrol Lhitung = 0,071 > 0,1566 = Ltabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 32, maka disimpulkan data sampel yang digunakan berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,031 < 1,822132 = Ftabel , dengan taraf
signifikan α = 0,05 dk pembilang 31 dan dk penyebut 31, maka disimpulkan sampel kedua kelas berasal dari populasi yang mempunyai varians yang sama atau homogen. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Hasil belajar IPA tersebut dapat dilihat dari perhitungan test akhir setelah perhitungan Uji Hipotesis menggunakan Uji-t didapat thitung = 4,3842 dan ttabel = 1,9989722 pada α = 0,05 dan (dk) = 62.
Ternyata thitung = 4,3842 > ttabel = 1,9989722. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.
|