Kegiatan belajar mengajar sebaiknya bisa membuat siswa aktif dalam
prosesnya. Sehingga kegiatan belajar mengajar tidak monoton. Pendekatan open ended dan discovery learning adalah salah satu model di mana siswa diberi kesempatan untuk menemukan Penyelesaian masalah dengan cara yang beragam. Hal inilah yang memotivasi peneliti untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan penggunaan pendekatan open-ended dan metode discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa.
Metode yang digunakan pada penelitian ini true eksperimen. Penelitian
ini dilaksanakan di SDN Lubang Buaya 04 Jakarta Timur pada kelas V.A dan V.B
pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sample dengan sampel penelitian sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 13 butir soal.
Instrumen terlebih dahulu diujicobakan di SDN 01 Pulau Panggang kepada 34
siswa. Uji validitas tes hasil belajar matematika siswa menggunakan rumus
Product Moment dan didapat 13 butir soal valid. Uji reliabilitas tes hasil belajar matematika siswa menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk
digunakan. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji
Lilliefors. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai 𝐿0 kelas eksperimen
0,1224 dan nilai 𝐿0 kelas kontrol 0,0815; pada taraf signifikasi 𝛼 = 0,05 dan
𝑛 = 36 nilai 𝐿tabel adalah 0,1477; mengakibatkan 𝐿0 < 𝐿tabel, maka H0 diterima. Berarti sampel yang digunakan berasal dari populasi dengan distrbusi normal. uji homogenitas menggunakan uji Fisher, hasil perhitungan diperoleh derajat kebebasan pembilang dan penyebut 35, mengakibatkan 𝐹hitung terletak diantara 𝐹tabel yaitu memenuhi kriteria pengujian. Hal ini berarti terima 𝐻𝟎 sehingga kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen.
Pengujian hipotesis uji-t diperoleh 𝑡hitung = 2,3777 dan 𝑡(0,975; 70) =
1,9944 dengan taraf signifikan 0,05 maka 0 H
ditolak. Hal ini menunjukan open ended dan discovery learning siswa kelas V di SDN Lubang Buaya 04 Jakarta Timur
|