Abstrak  Kembali
Anisa Alifiyanti Gustini. Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP PGRI Gandoang Bogor. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP PGRI Gandoang Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP PGRI Gandoang Bogor, kelas VII yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 190 siswa. Setiap kelas berjumlah 38 siswa dan terbagi menjadi 5 kelas dengan teknik random sampling yang menggunakan pengambilan sampel secara acak sehingga jumlah siswa yang menjadi sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket kecerdasan emosional. Pernyataan tersebut berjumlah 12 pernyataan dan diikuti oleh lima respon yang menunjukan tingkatan, yaitu (SS) sangat setuju, (S) setuju, (TB) tidak berpendapat, (TS) tidak setuju, (STS) sangat tidak setuju. Kemudian dilakukan tes keterampilan menulis cerita pendek dengan tema bebas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dilanjutkan dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan korelasi product moment yang menghasilkan r hitung sebesar 0,488. Dari hasil yang diperoleh sebesar 0,488 yang besarnya berkisar 0,40-0,70 berarti korelasi positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y adalah termasuk ke dalam korelasi product moment. Pada perhitungan dengan uji-t yang menghasilkan thitung 2,958 sedangkan ttabel sebesar 2,042 yang berarti thitung > ttabel, maka H0 DITOLAK. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP PGRI Gandoang Bogor.