Sulistyorini. Analisis Strategi Penetapan Harga di CV HAKAGI KIABITA Ciracas Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penetapan harga yang digunakan oleh CV HAKAGI KIABITA dan untuk mengetahui tujuan yang hendak dicapai dari penerapan strategi tersebut. CV HAKAGI KIABITA merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa manufaktur yang bergerak dalam industri-industri logam dan karet yang telah beroperasi sejak tahun 1999. Dalam teori ada berbagai macam metode dan strategi penetapan harga yaitu, Metode berorientasi biaya terdiri dari metode mark-up dan metode target pricing, Metode berorientasi permintaan terdiri dari perceived value pricing dan price discrimination, Metode berorientasi persaingan terdiri dari going rate pricing dan sealed bid pricing, serta ada beberapa strategi yaitu kebijakan satu harga, kebijakan harga fleksibel, kebijakan tingkat harga, kebijakan diskon, kebijakan potongan dan kebijakan biaya transportasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang sifatnya deskriptif. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan pengambilan dokumentasi, data diperoleh secara langsung dari pihak CV HAKAGI KIABITA. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari mereduksi data, mendisplay data,dan membuat kesimpulan yang sesuai dengan keadaan dilapangan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa CV HAKAGI KIABITA menggunakan bermacam-macam strategi penetapan harga untuk produk yang dijual, diantaranya: Metode Penetapan Harga Mark-UP, Metode Penetapan Harga Sealed Bid Pricing, Kebijakan Harga Fleksibel, Kebijakan Tingkat Harga Perkenalan, Kebijakan Diskon dan Kebijakan Biaya Transportasi. Strategi ini dilakukan pada setiap adanya permintaan penawaran dari pelanggan, tujuan dari diterapkannya strategi ini yaitu untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama agar tetap loyal kepada perusahaan.
|