NURLAILA. NIM 1101095034. Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Perilaku Konsumen pada Hypermart di Daan Mogot Jakarta Barat.Skripsi.Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap perilaku konsumen pada Hypermart di Daan Mogot Jakarta barat.Penelitian ini dilaksanakan di Hypermart yang terletak di Jl. Raya Daan Mogot, Jakarta Barat.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yaitu teknik pengumpulan data dengan cara menyebar instrumen kepada konsumen Hypermart, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kuesioner ini diberikan kepada sampel yang berjumlah 85 orang responden yang diambil secara simple Acidental Samplingdengan populasi 600 orang.Sesuai hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pegaruh promosi penjualan terhadap perilaku konsumen sangat kuat atau positif. Dimana terdapat pada uraian berikut: berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneiti menemukan bahwa data-data yang dikumpulkan mengenai Promosi Penjualan adalah berdistribusi normal,hal ini terlihat Lhitung = 0,049453 Ftabel = 3,91 yang berarti terdapat pengaruh antara Promosi Penjualan terhadap Perilaku Konsumen, sementara hasil uji Linieritas regresi adalah Fhitung = 1,53 < Ftabel = 1,63 maka dapat disimpulkan bahwa regresi tersebut berbentuk linier antara Promosi Penjualan terhadap Perilaku Konsumen. Sedangkan untuk mengujian hipotesis penelitian ini, peneliti menggunkan analisis korelasi, dan didapatkan hasil sebesar 0,88 dan dapat disimpulkan bahwa variabel Promosi Penjualan memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap Perilaku Konsumen.Setelah diuji pengaruh yang diberikan promosi penjualan terhadap perilaku konsumen pada Hypermart di Daan Mogot Jakarta Barat adalah sebesar 77,44% dan sisanya 22,56% didapat dari faktor lain diluar variabel penelitian ini.
|