Linda Rasil Farizah. Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan
Konsumen pada Mie Ramen Jangar (RANJANG) 69 di Depok. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Diferensiasi Produk memiliki
pengaruh terhadap Kepuasan Konsumen pada Mie Ramen Jangar (RANJANG) 69 Depok. Penelitian ini dilaksanakan di restoran ramen jangar (RANJANG) 69 yang terletak di Jalan Margonda Raya No. 466 Depok, Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang berbentuk survey. Tektik pengumpuan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 100 responden. Teknik sampel yang digunakan ialah nonprobabilitiy sampling incidental. Setelah data diolah dengan staristik
dasar, uji normalitas, uji homogenitas, uji signifikan dan linier regresi, maka data dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan pengolahan data di dapat bahwa variabel x berdistribusi normal, hal ini terlihat pada Lhitung = 0,10 < Ltabel = 0,125. Begitupula pada variabel y dengan data yang berdistribusi normal yaitu Lhitung = 0,11 < Ltabel = 0,125, sementara untuk uji signifikan dan llinieritas regresi diperoleh yaitu : signifikan Fhitung = 54,53 > Ftabel = 4,04 dan linieritas Fhitung = 1,125 < Ftabel= 1,91, maka regresi tersebut berbentuk linier dan signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi pearson product moment dan di dapat r hitung 0,73, berarti pengaruh diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen kuat. Sedangkan didapat keberartian koefisien yaitu thitung = 10,94 > ttabel = 2,01, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka ada pengaruh yang signifikan antara diferensiasi produk dengan kepuasan konsumen. Sedangkan koefisiesn determinan adalah sebesar 53%. Dapat disimpulkan bahwa
variabel diferensiasi produk memiliki pengaruh yang kuat terhadap kepuasan konsumen.
|