Abstrak  Kembali
Elmy Vianty. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Citra Merek pada Roti Bakar 88 Cabang Pasar Lama Tangerang. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap citra merek. Citra merek merupakan bentuk atau gambaran tertentu dari suatu jejak makna yang tertinggal di benak konsumen. Salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi dalam mempertahankan citra merek yang baik di benak konsumen adalah dengan meningkatkan bauran pemasaran secara efektif dan efisien. Penelitian ini dilaksanakan di Roti Bakar 88 Cabang Pasar Lama Tangerang. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 50 responden dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling insidental. Sampling Insidental ialah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi. Penelitian juga dilakukan dengan pendekatan kuantitatif asosiatif yang bersifat kausal (sebab akibat) yaitu bauran pemasaran sebagai variabel bebas (independen) dan citra merek sebagai variabel terikat (dependen). Pengujian persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas dan uji normalitas. Setelah data berdistribusi homogen dan normal berdasarkan uji homogenitas dan uji normalitas, maka dilanjutkan dengan uji linieritas dengan hasil data bersifat linier dilanjutkan dengan analisis varians (ANAVA). Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear diperoleh Ŷ = -69,96 + 1,73X dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung < Ftabel (1,89 < 2,03). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi product moment dan didapat thitung > ttabel (9,46 > 2,01), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara bauran pemasaran terhadap citra merek. Pada uji determinasi diperoleh hasil sebesar 65 % yang artinya variabel bauran pemasaran memberikan kontribusi terhadap citra merek sebesar 65 % dan sisanya 35 % dipengaruhi oleh variabel lain.