Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Perbedaan Model Pembelajaran Listening Team dengan Model Team Quiz terhadap hasil belajar IPA siswa. Hipotesis yang ditunjukan dalam penelitian ini adalah: “Terdapat Perbedaan Model Pembelajaran Listening Team dengan Model Team Quiz terhadap hasil belajar IPA siswa”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lubang Buaya 04 Pagi kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini meliputi 82 siswa yang terdiri dari 2 kelas V-A dan V-B. Metodelogi peneletitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas ( kelompok ) yang disebut juga dengan kelas Listening Team dan kelas Team Quiz. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Experimental. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 2,309 > 1,993 ttabel dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 80, maka H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat Perbedaan Model Pembelajaran Listening Team dengan Model Team Quiz dan dari rata – rata hasil belajar diperoleh penggunaan model pembelajaran Listening Team (86,56) lebih tinggi dibanding penggunaan model pembelajaran Team Quiz (80,51), berarti penggunaan model pembelajaran Listening Team lebih baik ketimbang penggunaan model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan yang sama.
|