Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Perbandingan Hasil Belajar PKn Antara Penggunaan Model Student Facilitator and Explaining Dengan Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SDN Kelapa Dua Wetan 03 PagiJakarta Timur, kelas IV semester dua tahun ajaran 2014-2015. Sampel penelitian ini meliputi 60 siswa yang berasal dari kelas IVA dan IV B di SDN Kelapa Dua Wetan 03Pagi Jakarta Timur.Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah desain quasi experimentdesign, dengan tipe the matching only post-test control group design, karena dalam penelitian ini ada 2 kelompok yang dibandingkan dan diberi perlakuan yang berbeda tanpa mengubah komposisi kelompok.Instrumen berupa tes obyektif 30 soal dengan 4 pilihan jawaban. Dari jumlah 30 soal didapatkan 20 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid. Validitas tes dihitung dengan Korelasi Point Biserial. Koefisiensi reliabilitas tes dihitung dengan rumus KR-20. Uji normalitas hasil tes (posttest) menggunakan uji liliefors. Pada kelas eksperimen diperoleh L hitung =0,09 L tabel =0,161 pada α=0,05 dan kelas kontrol diperoleh L hitung =0,092 L tabel =0,161 pada α=0,05Pada kedua kelas tersebut ternyata L hitung < L tabel, maka dapat disimpulkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher. Diperoleh F hitung = 1,62 pada α = 0,05 dengan dk pembilang 29dan dk penyebut 29 yaitu 1,86 ternyata F hitung< F tabel maka dapat disimpulkan sampel mempunyai kondisi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh t hitung = 8,22 t tabel 2,00 pada α = 0,05 ternyata t hitung > t tabel maka H0 ditolak H1 diterima. Dari data yang sudah didapat seperti yang dicantumkan di atas, dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat Perbandingan Hasil Belajar PKn Antara Penggunaan Model Student Facilitator and ExplainingDengan Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi Jakarta Timur.