Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh media poster comment terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas 5. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatinegara Kaum 15 Pagi, Jakarta Timur pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode “pre-experimental design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN Jatinegara Kaum 15 Pagi berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar IPA. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu di uji coba yaitu uji validitas dengan rumus Korelasi Product Moment didapat 23 butir soal yang valid dari 30 butir soal dan uji Reliabilitas dengan rumus Metode Alpha Cronbach diperoleh rhitung > rtabel (0,824 > 0,339) instrumen dinyatakan reliabel. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors pada media poster comment didapat Lhitung < Ltabel (0,050 < 0,147) untuk pretest , Lhitung < Ltabel (0,063 < 0,147) untuk posttest dengan taraf signifikan n = 0,05 dan n = 36, maka sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan uji Fisher didapat Fhitung < Ftabel (1,61 < 1,75) dengan taraf signifikan α = 0,05 , dk pembilang 35 dan dk penyebut 35, Fhitung maka populasi mempunyai varian yang sama / homogen. Uji Hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh harga thitung > ttabel (7,602 >1,668) pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 70, maka Ho ditolak dan HI diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media poster comment terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas 5 SDN Jatinegara Kaum 15 Pagi Jakarta Timur.