Dewi Nurul Hidayanti NIM 1101095009. Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Waroeng Spesial Sambal Depok. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penetapan harga
terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Waroeng Spesial Sambal Depok karena banyaknya jenis menu yang disajikan berupa 22 macam sambal, 22 macam lauk, 11 macam sayuran, dan 24 macam minuman
dengan harga yang relative terjangkau untuk semua kalangan. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan
metodenya adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen yang datang ke Waroeng Spesial Sambal selama
dua hari mulai dari jam 15.30 sampai dengan jam 17.00 yang diperkirakan
mempunyai jumlah populasi sebanyak 250 populasi. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Sampling Aksidental dimana teknik penentuan sampel berdasarkan
faktor spontanitas, artinya siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan
peneliti dan sesuai dengan karakteristik (ciri-cirinya), maka orang tersebut dapat
digunakan sebagai sampel (responden) untuk penelitian ini jumlah sampel yang
didapat sebanyak 71 sampel (responden). Setelah data berdistribusi normal dan
linier berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas, dilanjutkan dengan analisis
varians (ANAVA). Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier diperoleh =
21,29+0,715X, dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung < Ftabel (-0,327 <
1,85). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi product moment
dan di dapat thitung > ttabel (9,744 > 1,67 ), yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu,
hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan antara penetapan harga
terhadap keputusan pembelian. Kemudian peneliti menguji seberapa besar
pengaruh Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian dan hasil yang didapat
adalah 57,912% artinya pengaruh yang diberikan oleh Penetapan Harga cukup
kuat dan sisanya 42,008% dipengaruhi oleh faktor lain seperti bauran pemasaran
dan diferensiasi produk. Peneliti menyarankan agar harga yang relatif terjangkau
terus dipertahankan dan disesuaikan dengan keadaan ekonomi. Dan juga
keramahan para karyawan agar terus ditingkatkan karena dengan pelayanan yang
ramah maka konsumen merasa nyaman untuk sering datang ke warong spesial
sambal.
|