Abstrak  Kembali
Dewi Nurul Hidayanti NIM 1101095009. Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Waroeng Spesial Sambal Depok. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Waroeng Spesial Sambal Depok karena banyaknya jenis menu yang disajikan berupa 22 macam sambal, 22 macam lauk, 11 macam sayuran, dan 24 macam minuman dengan harga yang relative terjangkau untuk semua kalangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan metodenya adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang ke Waroeng Spesial Sambal selama dua hari mulai dari jam 15.30 sampai dengan jam 17.00 yang diperkirakan mempunyai jumlah populasi sebanyak 250 populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Aksidental dimana teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas, artinya siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dan sesuai dengan karakteristik (ciri-cirinya), maka orang tersebut dapat digunakan sebagai sampel (responden) untuk penelitian ini jumlah sampel yang didapat sebanyak 71 sampel (responden). Setelah data berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas, dilanjutkan dengan analisis varians (ANAVA). Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier diperoleh = 21,29+0,715X, dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung < Ftabel (-0,327 < 1,85). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi product moment dan di dapat thitung > ttabel (9,744 > 1,67 ), yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan antara penetapan harga terhadap keputusan pembelian. Kemudian peneliti menguji seberapa besar pengaruh Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian dan hasil yang didapat adalah 57,912% artinya pengaruh yang diberikan oleh Penetapan Harga cukup kuat dan sisanya 42,008% dipengaruhi oleh faktor lain seperti bauran pemasaran dan diferensiasi produk. Peneliti menyarankan agar harga yang relatif terjangkau terus dipertahankan dan disesuaikan dengan keadaan ekonomi. Dan juga keramahan para karyawan agar terus ditingkatkan karena dengan pelayanan yang ramah maka konsumen merasa nyaman untuk sering datang ke warong spesial sambal.