Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan metode cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh penggunaan metode cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kelapa Dua 05 Pagi Jakarta Barat, tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Liliefors untuk uji normalitas dan Uji-F untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,129 dan Ltabel = 0,161. Sedangkan kelas kontrol didapat harga Lhitung = 0,104 dan Ltabel = 0,161. Karena Lhitung < Ltabel, berarti Ho diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas dengan taraf signifikan α = 0,05. Diperoleh Fhitung = 1,36 < 1,86 = Ftabel, maka Ho diterima, sehingga disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang mempunyai varian yang sama atau homogen. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-t. Setelah dianalisis, dapat disimpulkan harga thitung = 4,212 > 1,672 = ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. Dengan demikian Ho ditolak, dan H1 diterima. Hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kelapa Dua 05 Pagi Jakarta Barat. Dengan demikian hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kelapa Dua 05 Pagi Jakarta Barat.