DWI ASTUTI. Pengaruh Penerapan Strategi Socratic Circles Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Siswa di SMA Negeri 113 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Socratic Circles terhadap kemampuan berpikir rasional siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 113 Jakarta pada bulan Mei-Agustus di semester 1 tahun ajaran 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 216 peserta didik di SMA Negeri 113 Jakarta. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X MIA 3 dan MIA 6 yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal essayyang sudah dikombinasikan dengan kesepuluh indikator kemampuan berpikir rasional yaitu recalling, imagining, classifiying, generalizing, comparing, evaluating, analizing, synthesizing, deducingdan infering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata-rata N-Gain kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata N-Gain kelompok kontrol, yaitu 65,20 pada kelompok eksperimen dan 24,16 pada kelompok kontrol. Untuk hasil kemampuan berpikir rasional siswa, ditemukan bahwa pada kelas eksperimen indikator tertinggi yaitu classifiying sebesar 38,33% dan yang terendah adalah imagining dan evaluating sebesar 31,39%, sedangkan pada kelas kontrol indikator tertinggi yaitu recallingsebesar 31,67% dan yang terendah adalah evaluating sebesar 18,61%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung =12,59 dan ttabel = 2,60 pada taraf signifikansi α = 0,01 maka thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua metode tersebut berbeda sangat signifikan, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi Socratic Circles terhadap kemampuan berpikir rasional siswa kelas X SMA Negeri 113 Jakarta.
|