Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2015.
Penggunaan model pembelajaran sangat jarang digunakan oleh guru dalam setiap proses belajar mengajar, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Two Stay Two Stray dengan Model Jigsaw dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SDN Pejagalan 01 Pagi Jakarta Utara , kelas IV semester II tahun pelajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban, sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sampel penelitian ini meliputi 35 siswa kelas IV-A dan 34 siswa kelas IV-B yang diambil melalui sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid dari 40 soal yang di uji cobakan, sedangkan uji reliabilitas tes 0,905 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson).
Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa diperolaeh Ltabel pada taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05 untuk n = 35 adalah 0,149 dan diperoleh pada kelas eksperimen 1 Lhitung = 0,070 sedangkan Ltabel pada taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05 untuk n = 34 adalah 0,150 dan diperoleh pada kelas eksperimen 2 Lhitung = 0,102 maka kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa diperoleh Fhitung = 1,04 dan nilai Ftabel = 1,74 dengan taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05. Karena Fhitung< Ftabel maka varians kedua kelompok adalah homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung sebesar 2,463 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05 dengan dk = 67 adalah 1,997. Karena thitung lebih besar dari ttabel 2,463 > 1,997 maka H0 ditolah dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Jigsaw pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Pejagalan 01 Pagi Jakarta Utara.
|