Astrida Wiwid. 1101095006. Strategi Market Leader (Studi Kasus Pada Martabak Alim Cabang Semper 2 Jakarta Utara). Skripsi, Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemimpin pasar yang diterapkan oleh martabak Alim cabang Semper 2 Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan di martabak Alim cabang semper 2 di Jakarta Utara dari Juni sampai Agustus 2015. Jumlah informan adalah 3 orang pegawai yang seluruhnya diteliti yaitu kepala toko, kasir dan pelayan Martabak Alim.
Metode yang digunakan adalah dengan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling dimana teknik penetuan sampel dengan menggali informasi sebanyak mungkin yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan observasi, partisipasi pasif, wawancara, analisis dokumen, dan triangulasi. Penelitian ini menggali informasi terkait kegiatan strategi pemimpin pasar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi market leader martabak Alim yang paling menonjol adalah dengan cara melakukan perubahan harga yaitu mempertahankan harga dan menaikkan harga, serta saluran distribusi yang dilakukan dengan organisasi saluran sistem pemasaran vertikal korporasi dimana pendistribusian barang diambil di martabak Alim pusat dan sistem pemasaran yang diatur dimana pendistribusian diantar oleh agen bahan baku. Disarankan kepada Martabak Alim Cabang Semper untuk dapat tetap memperhatikan strategi pemimpin pasar seperti kegiatan promosi dan peluncuran produk baru supaya gerai dapat bertahan dan berkembang.
|