Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan
menggunakan model everyone is teacher here. Model inimerupakan sebuah cara yang sangat efektif dalam proses pembelajaran, dapat memberikan semangat belajar dalam kelas. Secara umum pembelajaran dengan menggunakan model everyone is teacher here ini sangat bermanfaat supaya proses pembelajaran menjadi lebih menarik, sangat interaktif serta dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa dalam menerima pelajaran, selain itu juga dapat meningkatkan keberanian siswa untuk berpendapat dan tampil didepan kelas.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
tiga siklus. Prosedur pelaksanaannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart di mana pada setiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN Kramatjati 25 Pagi kelas V tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 9siswa laki-laki dan 21siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan tes evaluasi untuk mengetahui kemampuan siswa dan lembar observasi yang diisi oleh observer sebagai kolaborator untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta interkasi guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, dan untuk melengkapi data tersebut digunakan catatan lapangan dan bukti
dokumentasi.
Berdasarkan data awal yang diperoleh banyaknya peserta didik yang
mencapai KKM 65 yaitu 9 siswa atau 30 % pada data awal dan 12 siswa atau 40
% pada tes evaluasi siklus I, serta meningkat menjadi 16 siswa atau 55 % pada tes
evaluasi siklus II dan meningkat menjadi 24 siswa atau 80 % pada tes evaluasi
siklus III. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran everyone is teacher here berhasil meningkatkan hasil belajar IPS di
kelas V SDN Kramatjati 25 Pagi Jakarta Timur.
|