AISYAH OKTAFIRA. Pengaruh Kualitas Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Analisa dan Riset Pasar di SMK Negeri 13 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar di SMK Negeri 13 Jakarta. Populasi penelitian ini berjumlah 72 siswa yang merupakan siswa kelas X Pemasaran. Sampel penelitian ini berjumlah 42 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif assosiatif. Setelah data berkarakteristik sama dan berdistribusi normal berdasarkan uji homogenitas dan normalitas, dilanjutkan dengan analisis varians (ANAVA). Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier diperoleh = 9,614 + 0,418X dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung < Ftabel (-1,303 < 2,09). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi pearson product moment dan didapat = 0,9563, hal ini menunjukkan pengaruh kualitas media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa adalah sangat kuat sesuai dengan kriteria interpretasi pada Tabel Interpretasi Koefisien Korelasi. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kualitas media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar.
|