SHOLLAHUDIN SIDIK BUDIARYONO, Hubungan Antara Sikap
Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 76 Jakarta. Skripsi. Jakarta Timur : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Prof.Dr. Hamka. Oktober 2014.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara sikap
belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 76 Jakarta dengan 124 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dan sampel penelitiannya sebesar 40 siswa. Sikap merupakan salah satu faktor penting dalam belajar, sebagian dari hasil belajar ditentukan oleh sikap belajar siswa. Dengan memperlihatkan sikap belajar siswa, maka akan dapat diketahui bahwa sikap belajar yang ditujukan oleh siswa sudah memadai atau perlu terus ditingkatkan, serta siswa yang memerlukan bantuan kshusus dalam meningkatkan prestasi belajar, khususnya dibidang geografi agar menjadi lebih baik lagi. Sikap belajar siswa yang bervariasi dan inovatif juga secara tidak langsung akan meningkatkan prestasi belajar dibidang geografi. Kedua hal ini yaitu sikap belajar dan prestais belajar geografi saling terkait. Hal ini menimbulkan suatu pertanyaan yang perlu di carikan jawabannya melalui penelitian.
Hasil pengolaha data menunjukkan bahwa rxy 0,508 sedangkan rtabel 0,312,
rxy lebih kecil dari rtabel (0,508 > 0,312) ini berarti hipotesis yang berbunyi bahwa “ada hubungan yang signifikan antara sikap belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 76 Jakarta” diterima.
|